GERAKAN 3M DALAM PENCEGAHAN COVID – 19



Sudah hampir 7 bulan kita hidup dan beraktivitas ditengah Pandemi Covid-19 yang terjadi. Berbagai langkah telah diterapkan dalam mencegah penyebaran Covid -19 di Indonesia, salah satunya adalah melalui Gerakan 3M. Gerakan 3M merupakan salah satu upaya yang saat ini sedang digencarkan pemerintah guna memutus mata rantai persebaran Covid – 19 di Indonesia. Sebenarnya apa itu Gerakan 3M?

Gerakan 3M merupakan suatu gerakan pencanangan penerapan Protokol Kesehatan bagi seluruh masyarakat. Gerakan 3M terdiri atas:

1. Memakai masker

Memakai masker merupakan upaya yang dirasa paling efektif dalam mencegah persebaran Covid – 19. Dilansir dari tirto.id, masker dapat menekan angka persebaran Covid-19 hingga 70 persen. Namun harus selalu diingat bahwa masker yang digunakan adalah  masker yang sesuai dengan standar kesehatan WHO atau yang memenuhi SNI ya!

2. Mencuci Tangan

Mencuci tangan dapat menekan angka persebaran Covid-19 sebesar 35 persen. Namun mencuci tangan yang dimaksud disini bukanlah asal membasahi tangan dengan air melainkan dengan mencuci dan menggosok tangan dengan sabun selama 20 – 30 detik, mulai dari telapak tangan hingga sela-sela jari. Mencuci tangan perlu dilakukan setelah kita pergi keluar rumah, saat akan makan, ataupun setelah memegang benda yang juga disentuh banyak orang sehingga tangan kita tetap bersih dan higienis.  

3. Menjaga Jarak

Menjaga jarak yang dimaksud adalah menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter dimanapun kita berada. Selain itu, kita juga perlu menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah apabila tidak mendesak. Apabila kita  menerapkan jaga jarak maka kita dapat menekan angka pencegahan Covid – 19 hingga 85 persen.

 

Sumber: https://tirto.id/


by Admin. 22 October 2020 285