Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-56 Th. 2020 dan Ajakan Tepuk Tangan 56 Detik



Kampanye ini ditujukan untuk memberikan penghargaan bagi para tenaga kesehatan yang menjadi telah berjuang selama beberapa bulan terakhir untuk memerangi Covid-19, serta masyarakat yang sudah menjalani protokol kesehatan dengan baik.

Tahun ini tema yang dipilih adalah "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat", dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Sebagai bentuk apresiasi kita kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, mari sejenak kita bersama melakukan tepuk tangan pada tanggal 12 November 2020 pukul 12.00 WIB selama 56 detik”.

Hari Kesehatan Nasional sendiri diperingati setiap 12 November. Dalam Buku Panduan HKN ke-56 yang dikeluarkan Kemenkes, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah paparan Covid-19.

 "Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan semua itu akan sia-sia. Peringatan HKN ke-56 tahun 2020, dilaksanakan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang telah merenggut ribuan jiwa.

 Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari berharap, kondisi ini dapat dijadikan momentum untuk mengubah perilaku masyarakat dan mendorong penguatan upaya kesehatan promotif dan preventif. Implementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa.

Sumber:Kompas.com


by Admin. 12 November 2020 13