JAGA TEMPAT KERJA KITA TETAP AMAN DARI VIRUS COVID-19



Dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif infeksi virus corona atau Covid-19. Tak ayal, pernyataan yang pertama kali disampaikan Presiden Joko Widodo ini menimbulkan kepanikan banyak orang. Beberapa pekerja bahkan mulai mempertimbangkan teleworking atau bekerja remote dari rumah.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo misalnya, yang mengimbau warga untuk bekerja secara remote sebagai bentuk antisipasi penularan virus corona.

Teleworking sendiri didefinisikan sebagai pengaturan kerja di mana karyawan melakukan pekerjaan rutin di lokasi lain selain tempat kerja dan didukung oleh koneksi teknologi. Karena berbasis kinerja, efektivitas teleworking dapat diukur dari hasil yang dicapai berdasarkan implementasi kebijakan perusahaan.

Beberapa masalah dalam bekerja remote dan tips mengatasinya:

Membatasi area kerja dan pribadi

Secara sosial, setiap orang membuat dan mengatur batas-batas demi kehidupan yang lebih baik. Salah satunya adalah pemisahan antara kehidupan kerja dan pribadi. Teleworking akan mengaburkan batasan tersebut dan berpotensi menimbulkan bentrokan antara urusan pekerjaan dan pribadi.
Solusinya, buat area kerja milik Anda sendiri. Jika tak ada ruang ekstra, jadikan sudut kamar atau ruangan tertentu dalam rumah sebagai area kerja Anda. Bicara lah dengan keluarga Anda mengenai kondisi tersebut.
Selain itu, dengan konsep teleworking, para pekerja bisa menghemat banyak hal dan hidup lebih sehat. Di tengah virus corona yang telah ditemukan di Indonesia, kerja remote menjamin keamanan pekerja.

Tetapkan jadwal

Saat kehidupan profesional dan pribadi Anda berada di bawah satu atap, batas antara waktu kerja dan untuk diri sendiri sering menjadi kabur. Batas-batas yang tidak jelas dapat menyebabkan berkurangnya produktivitas. Anda disarankan untuk membuat jadwal sendiri. Secara umum, teleworking menawarkan fleksibilitas dalam urusan waktu dan penjadwalan.
Tetapkan waktu kapan Anda mulai bekerja dan kapan Anda harus mengakhiri pekerjaan Anda. Tetapkan pula waktu untuk relaksasi, makan siang, atau olahraga.
Selain sebagai alat kontrol agar Anda bisa bekerja tepat waktu, penjadwalan penting dilakukan agar Anda tak bekerja dengan berlebihan.

Cari motivasi diri

Terbebas dari pengawasan manajerial yang ada di kantor terkadang membuat karyawan merasa termotivasi untuk giat bekerja. Pada kerja remote, motivasi akan menjadi sangat menantang karena pekerja dikelilingi oleh kenyamanan rumah.


by Admin. 29 September 2020 28